Aprilia Tuono V4 R. |
Salah satu model bugil Aprilia, Tuono V4 R - pesaing streetfighter Ducati - dipermak agar penampilannya makin segar, tenaga kian bergairah dan bisa naik kelas. Teknologi yang dicangkokkan adalah ABS dari Bosch. Peranti keselamatan tersebut punya tiga setelan, yaitu Track, Sport and Rain: harian, kencang dan hujan. Ketiga setelan itu ditentukan berdasarkan kontrol pasokan bahan bakar ke mesin (engine fueling maps). Sistem juga bisa dimatikan bila tidak diperlukan.
Konsekuensinya, berat bertambah 1,9 kg. Namun tidak masalah karena kemampuan mesin BRP-Rotax 60° V-Twin 1.000cc - sama dengan RSV4 - juga ditingkatkan. Gesekan komponen mesin dikurangi, saluran gas buang dan manajemen penggunaan bahan bakar diperlancar sehingga tenaga bertambah 2,7 PS menjadi 167,6 PS @11.500 rpm dan torsi puncak 117 Nm @9.500 rpm.
Kontrol traksi tetap dipasang dengan delapan setelan melalui joystick di setang kiri dengan peranti lunak yang diperbarui. Setelan pencegah ban depan terangkat juga dikalibrasi ulang. Sosok sedikit berubah. Kini jok lebih tebal dan empuk. Suspensi juga ditingkatkan kinerjanya. Begitu pula dengan desain tangki bensin yang lebih besar dan tajam, kini kapasitasnya menjadi 20 liter dari sebelumnya18,5 liter. Sedangkan warna, tersedia dua dua pilihan, yaitu hitam atau putih.
otomotif.kompas.com